Waspada Penyakit Ebola

0

Waspada Penyakit EbolaPenyakit Ebola akhir-akhir ini mulai meresahkan masyarakat, ditambah dengan semakin santernya kabar tentang penyakit Ebola di Afrika. Perhatian dunia mulai tertuju pada penyakit Ebola yang telah menewaskan ribuan jiwa di Guinea, Liberia, Nigeria, dan Sierra Leone. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan penyakit Ebola ini? Penyakit Ebola adalah penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus Ebola. Virus Ebola sendiri menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga kekebalan tubuh kita menjadi lemah dan akan berakibat fatal bahkan kematian jika tidak diobati dengan baik. Virus Ebola juga dapat menyebabkan pendarahan internal dan eksternal serta merusak organ-organ penting dalam tubuh. Menanggapi hal ini, Pemerintah Indonesia tidak tinggal diam dan melakukan berbagai penanganan untuk mencegah virus Ebola masuk ke Indonesia melalui para wisatawan.

Memang sih belum ada kasus penyakit Ebola di Indonesia, tetapi ada baiknya kita tetap waspada. Paling ngga kita harus tahu dan mengenali gejala penyakit Ebola ini termasuk bagaimana pencegahannya.

Penyakit Ebola mirip dengan demam, pilek atau flu biasa. Virus ini mudah dideteksi. Gejala awal biasanya penderita mengalami badan yang kurang fit, mirip seperti gejala flu. Kemudian disertai demam tinggi yang tidak mereda hingga lebih dari seminggu. Virus Ebola akan mempengaruhi kondisi fisik, salah satunya adalah menggigil seperti gejala demam berdarah atau malaria. Selain itu, ditandai juga dengan keluarnya darah dari mata, hidung, telinga bahkan juga dari mulut dan gusi. Pada beberapa kasus juga ditemukan perdarahan pada usus dan ditandai dengan darah pada feses saat buang air besar.

Karena mirip dengan flu, maka penderita juga merasakan nyeri. Tetapi bedanya dengan flu, rasa nyeri karena terinfeksi virus Ebola dirasakan mulai bawah kulit, bahkan kulit juga mengalami ruam yang penuh dengan darah. Selain itu sesak nafas dan kelelahan juga merupakan gejala awal terjangkit virus Ebola.

Untuk itu ada baiknya, jika suhu tubuh meningkat dan tidak juga mereda lebih dari seminggu, demam, sesak nafas, kelelahan, ruam penuh darah pada kulit, mengalami perdarahan pada bagian-bagian tubuh lainnya, jangan pernah abaikan hal tersebut dan segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Bagaimana penularan virus ini pada manusia?

Penularan virus pada penyakit Ebola adalah melalui kontak langsung terutama bila terkena cairan penderita Ebola baik manusia atau hewan yang terinfeksi. Namun kabar baiknya, virus ini tidak bisa menyebar lewat udara dan air. Jadi, kita tidak perlu terlalu takut berlebihan kan?

Adakah cara pencegahannya?

Pencegahan terjangkit virus ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan. Salah satunya dengan rajin mencuci tangan serta hindari makan buah atau sayur tanpa dicuci terlebih dahulu. Kemudian hindari kontak langsung dengan penderita penyakit Ebola, juga dengan binatang seperti simpanse atau kelelawar.

Nah, dengan memahami gejala penyakit Ebola serta pencegahannya, diharapkan kita semua tidak perlu khawatir secara berlebihan. Yang diperlukan adalah waspada dan jangan pernah anggap remeh apapun jenis penyakit itu. Selalu menjaga kesehatan tubuh dan jagalah kebersihan diri sendiri maupun lingkungan.

Semoga bermanfaat! :)

gambar dari : thehealthsite.com