Tips Mengetahui Kesegaran Telur

1

Tips Mengetahui Kesegaran TelurMembeli barang belanjaan bulanan dalam partai besar bisa jadi lebih hemat. Namun, tanpa disadari, terkadang ada hal-hal yang tak terlalu sering kita gunakan, dan tak kita ketahui masa kadaluwarsanya. Misalnya, telur, yang sering kita beli dalam jumlah banyak untuk persiapan. Tapi apakah Anda yakin telur tersebut masih dalam bentuk segar ketika akan digunakan setelah beberapa waktu ada di dapur?

Jane Buckingham, penulis Modern Girl’s Guide to Life berbagi tips untuk mengetahui apakah butir telur yang akan digunakan masih dalam keadaan segar untuk dikonsumsi. Caranya, gunakan wadah mangkuk bening berisi air dingin. Masukkan butir telur yang masih utuh perlahan ke bagian bawah wadah tersebut, jika posisinya dalam keadaan miring (ujungnya menunjuk ke samping), maka telur itu masih segar.

Jika ia berada dalam posisi ujung meruncingnya membentuk sudut tertentu, maka telur tersebut sudah berumur beberapa hari. Jika telur tersebut dalam keadaan berdiri (ujung meruncingnya menunjuk ke atas), maka usianya sudah mencapai 10 hari. Sementara jika telur tersebut sudah mengambang ke atas, maka sebaiknya telur tersebut tidak digunakan lagi.