Tips Mempersiapkan Tubuh Menghadapi Kehamilan

0

Tips Mempersiapkan Tubuh Menghadapi KehamilanKehamilan adalah sesuatu luar biasa yang pasti ditunggu – tunggu oleh wanita yang menikah, terutama bagi para calon ibu yang mempersiapkan kehamilan pertamanya. Pengalaman selama kehamilan, bagaimana menjaganya dan bagaimana proses persalinan tentu menjadi misteri besar bagi para calon ibu baru. Untuk itu, penting bagi anda para wanita yang baru menikah agar mempersiapkan tubuh sedini mungkin bagi kehamilan pertama. Siapapun pasti menginginkan kehamilan yang lancar dan bayi yang sehat, bukan ? Apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi kehamilan ?

1. Minumlah vitamin untuk kehamilan

Sebelum kehamilan terjadi, ada baiknya anda mulai minum vitamin prenatal. Ini bisa didapatkan dengan berkonsultasi pada dokter atau bidan. Vitamin prenatal dapat membantu mengurangi cacat syarat pada janin yang belum lahir, juga mempersiapkan tubuh anda untuk mengumpulkan nutrisi yang diperlukan calon bayi nanti.

2. Mengonsumsi kalsium

Ini bisa didapatkan dari suplemen kalsium atau susu atau brokoli yang kaya kalsium. Bahkan sekarang beredar juga di pasaran susu untuk ibu yang mempersiapkan kehamilan. Hal ini penting bagi anda dan calon bayi nanti, agar ibu dan anak kuat sebelum, selama dan setelah kehamilan.

3. Hindari mengonsumsi makanan / sayuran mentah

Sebisa mungkin hindari makanan atau sayuran mentah. Hal ini disebabkan bakteri yang menempel pada makanan atau sayuran mentah yang tentu saja tidak baik bagi janin. Anda mungkin memiliki antibodi yang dapat menangkal berbagai macam virus atau bakteri pada makanan, tetapi tidak pada tubuh janin anda yang masih baru dan rentan.

4. Berhentilah merokok

Kebiasaan buruk ini tidak hanya berdampak buruk pada anda tetapi juga pada janin anda. Berhentilah merokok jika anda sedang merencanakan kehamilan. Merokok selama kehamilan juga bisa sebagai penyebab berat badan lahir rendah, obesitas anak di kemudian hari dan serangkaian disfungsi paru – paru termasuk asma pada bayi anda.  Dianjurkan agar anda berhenti merokok setidaknya tiga sampai enam bulan sebelum anda berencana untuk hamil untuk memberikan waktu bagi tubuh anda menyesuaikan diri.

5. Hindari alkohol

Menghindari minuman beralkohol sebelum kehamilan akan membawa manfaat yang baik bagi janin anda. Diharapkan sebelum janin ada dalam rahim anda, anda sudah menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol ini. Anggap saja seperti bersih – bersih rumah sebelum anggota keluarga baru mulai memasuki rumah anda  :)

6. Berolahraga secara teratur

Berolahraga bagus untuk janin dan kesehatan anda sendiri. Olahraga tidak harus terlalu berat, anda bisa lakukan seperti jogging, membersihkan rumah, berjalan – jalan di sekitar rumah atau berenang yang terbukti baik untuk melatih pernafasan anda. Ingat, saat menjalani kehamilan dan saat proses melahirkan diharapkan anda memiliki tubuh yang sehat dan kuat untuk menjalani setiap prosesnya. Tetapi jika kehamilan sudah dinyatakan positif, anda harus berkonsultasi pada dokter bagaimana olahraga yang tepat untuk ibu hamil.

Semoga bermanfaat  :)