Tips Memakai Tabir Surya Dengan Cara Yang Benar

0

Tips Memakai Tabir Surya Dengan Cara Yang BenarTinggal di daerah tropis memang harus pandai – pandai melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. Apalagi semakin hari sinar matahari terasa semakin menyengat kulit. Apabila anda diharuskan beraktivitas diluar rumah, jangan pernah melupakan tabir surya. Tetapi agar manfaatnya optimal, tabir surya pun harus digunakan dengan cara yang benar.

Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan dalam pemakaian tabir surya :

1. Oleskan 20 – 30 menit sebelum terpapar sinar matahari

Pakailah tabir surya 20 – 30 menit sebelum terpapar sinar matahari. Hal ini disebabkan tabir surya butuh waktu untuk meresap ke dalam kulit. Karena itu oleskan tabir surya paling tidak 20 – 30 menit sebelum terpapar sinar matahari, termasuk sebelum mencebur ke dalam kolam renang. Dan aplikasikan pada kulit yang bersih agar tabir surya bisa meresap sempurna ke dalam kulit anda.

2. Oleskan pelembab

Untuk aktivitas sehari – hari, sebelum memakai tabir surya, oleskan pelembab lebih dahulu. Tunggu 10 – 20 menit baru memakai tabir surya. Tunggu 20 – 30 menit lagi baru memakai bedak. Tetapi kalau tabir surya anda sudah mengandung pelembab, tentunya tidak perlu menggunakan pelembab lagi.

3. Harus diulang

Pemakaian tabir surya tidak bisa hanya sekali dioleskan, apalagi kalau anda diharuskan beraktivitas di luar rumah atau di udara terbuka seharian. Caranya, keringkan keringat, basuh wajah bila perlu, keringkan lagi, kemudian oleskan tabir surya. Tunggu 20 – 30 menit, baru beraktivitas kembali.

4. Harus merata

Memakai tabir surya harus merata, mulai wajah, leher, tengkuk, telinga dan sekeliling mata. Jangan takut mengoleskan tabir surya di sekeliling mata, asal anda berhati – hati jangan sampai melewati garis mata. Diamkan dulu sampai kering. Hindari mengucek – ucek mata karena bisa menyebabkan tabir surya masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi. Jangan lupa juga mengoleskan ke lengan dan tungkai bila pakaian kita tidak menutupinya.

5. Jangan terlalu sedikit

Biasanya orang mengoleskan terlalu sedikit tabir surya. Padahal terlalu sedikit mengoleskannya menyebabkan hasil yang kurang maksimal. Untuk 1 sentimeter kulit diperlukan 2 miligram tabir surya. Bila tabir surya yang dioleskan hanya sedikit dari seharusnya, maka nilai SPF nya akan turun. Bila ingin mengoleskan tabir surya lebih tipis, sebaiknya gunakan yang SPF nya lebih besar, misalnya 50.