The best mom ( Hanya Ibu yang tahu )

0

The best mom ( Hanya Ibu yang tahu )Setelah mengalami perjuangan yang panjang dalam proses persalinan, juga rasa lelah yang luar biasa pasca persalinan, kini ibu dihadapkan pada kenyataan harus menyusui si kecil setiap 2 jam sekali, memandikannya, mengganti popok dan sederet tugas lain yang tentu saja cukup membuat panik seorang ibu baru.

“Sanggupkah saya menjadi ibu yang baik ?” pertanyaan ini begitu sering muncul di tengah kepanikan & rasa lelah para ibu baru.

Tetapi dalam keadaan kebingungan dan kepanikan ini, banyak ibu baru tanpa mereka sadari justru menemukan cara unik meredakan tangis si kecil dan membuatnya tertidur pulas. Misal, menyalakan vacuum cleaner di samping tempat tidur si kecil atau menidurkan si kecil di stroller di dalam kamar mandi diiringi suara kipas angin kamar mandi seperti yang dilakukan Susan Besze Wallace, penulis buku ” The New Mom’s Guide to finding your own mothering style “.

Aneh memang, tetapi ini semua adalah bagian dari rangkaian proses belajar yang panjang menjadi seorang ibu. Yang perlu diingat seorang ibu baru adalah bayi anda unik, begitu juga dengan anda. Jadi temukan pola pengasuhan dan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan serta kepribadian bayi anda. Create Your Own Style !

Beberapa tips berikut dapat membantu ibu untuk menemukan keunikan dirinya sendiri.

1. Anda dapat mencontoh beberapa perawatan dari orang tua khususnya ibu dan ibu mertua anda untuk anda terapkan pada buah hati anda.

2. Terapkan pola asuh yang anda inginkan, dan hindari pola asuh yang membuat anda tidak nyaman semasa kecil. Banyak hal yang anda alami, yang mungkin ingin anda perbaiki sehingga tidak dialami oleh buah hati anda.

3. Percaya pada diri sendiri, bahwa anda bisa menjadi ibu yang baik. Naluri keibuan butuh waktu dan proses untuk berkembang. Bertanyalah kepada ibu, ibu mertua, kakak, teman ataupun dokter anak anda untuk menambah pengetahuan anda.

Secara tidak sadar, namun berjalan pasti, bentuk hubungan anda dengan pasangan akan berubah. Ini wajar, karena anda sekarang adalah seorang ibu dan pasangan adalah seorang ayah. Bukan hanya dengan pasangan, anda secara alami juga akan membentuk hubungan dengan sesama ibu baru maupun ibu yang sudah berpengalaman untuk belajar menjadi ibu yang baik.

Seiring bertambahnya usia si kecil, cara pandang, intuisi, pengetahuan serta wawasan anda juga akan terus berkembang. Anda akan semakin pintar memadukan pengetahuan untuk merawat si kecil. Sisi terbaik dan naluri keibuan anda akan menciptakan gaya perawatan dan pengasuhan yang unik dan khas diri anda sendiri.

Selamat menjadi Ibu !