Seorang pria dan bintang laut

0

Seorang pria dan bintang laut
Alkisah, suatu hari seorang pria berjalan di pinggir pantai saat matahari terbenam. Ia melihat seorang pria yang lain berjalan di kejauhan. Ketika berada lebih dekat, ia melihat pria tersebut membungkuk, memungut sesuatu, lalu melemparnya ke laut. Sambil berjalan menyusuri pantai, pria itu terus melakukan hal yang sama.

Karena penasaran, ia mendekati pria itu dan melihat bahwa yang dipungutnya adalah bintang laut. Kemudian bintang laut itu dilempar ke laut dan tertelan ombak. Pria itu terus memungut bintang laut satu per satu dan melemparkan kembali ke laut.

Pria yang pertama heran dan bertanya kepada pria yang melempar bintang laut. ”  Selamat sore, sobat. Sebenarnya apa yang sedang anda lakukan ? ” tanyanya.

” Saya melempar kembali bintang – bintang laut ini kembali ke laut. Saat ini ombak kecil dan semua bintang laut terhempas di pantai. Jika tidak dilempar kembali ke laut, bintang – bintang laut ini akan kekurangan oksigen, ” jawab pria itu.

” Saya paham, sobat. Ada beribu – ribu bintang laut di pantai ini, mana mungkin anda bisa melemparnya semua kembali ke laut ? Dan anda mungkin tidak menyadari, hal seperti ini terjadi pada beratus – ratus pantai. Jadi usaha anda tak akan ada artinya, tak ada gunanya, ” kata pria pertama.

Pria itu tersenyum, membungkuk, memungut seekor bintang laut dan melemparnya kembali ke laut. ” Tetapi berguna bagi bintang laut ini, ” katanya.

—————–

Cerita diatas memberikan renungan bagi kita, bahwa mungkin kita merasa apa yang kita lakukan sia – sia, tidak ada artinya dan tidak berguna bagi dunia ini sekarang, tetapi kita bisa melakukan sesuatu yang berguna dan berarti bagi seseorang pada hari ini juga.

Jangan berhenti berbuat baik, tetap lakukan kebaikan kepada semua orang.  Anda mungkin tidak berarti bagi dunia ini, tetapi anda bisa menjadi sangat berarti bagi seseorang.