Selamat tinggal pembengkakan kaki !

1

Selamat tinggal pembengkakan kaki !Saat dinyatakan berbadan dua atau hamil, biasanya calon ibu mengalami pembengkakan, bukan saja pada tubuh tetapi juga pada kaki. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh ibu pada trimester akhir dimana beban bagian perut semakin meningkat, apalagi nanti pada kondisi dimana kepala bayi sudah memasuki pinggul. Pembengkakan kaki ini terjadi karena tekanan pada pembuluh darah balik di rongga panggul oleh perut atau rahim yang membesar sehingga membendung aliran darah balik dari kaki menuju jantung. Disini dituntut calon ibu mengetahui apakah pembengkakan tersebut wajar (fisiologis) atau tidak wajar (patologis).

Pembengkakan kaki yang wajar ( fisiologis )

Pembengkakan kaki ini pada umumnya tidak disertai dengan penyakit lain. Keadaan tubuh normal hanya kaki yang membengkak. Ini sering terjadi pada kehamilan trimester akhir.

Perawatannya :

* Hindari memakai sepatu dengan tumit tinggi.

* Istirahat cukup.

* Pada saat duduk, selonjorkan kaki dan taruh pada posisi lebih tinggi agar sirkulasi darah lancar. Begitu juga saat berbaring, usahakan kaki pada posisi lebih tinggi.

* Jangan terlalu lama berdiri atau duduk dengan posisi kaki menggantung.

* Kurangi konsumsi garam atau makanan asin.

* Sering – seringlah berjalan untuk melatih dan menggerakkan pergelangan kaki.

* Rendam kaki dalam air hangat yang dibubuhi garam atau jeruk nipis selama 10 – 15 menit.

Pembengkakan kaki yang tidak wajar ( patologis )

Pembengkakan ini disertai dengan penyakit lain, yaitu gangguan ginjal atau jantung.

Perawatannya :

* Makan tinggi protein

* Bila pembengkakan terjadi pada awal kehamilan segera periksakan diri ke dokter.

* Istirahat cukup

* Kurangi garam

Pembengkakan memang gejala yang wajar bagi para ibu hamil. Memang ada juga yang tidak mengalami pembengkakan, itu terjadi karena berbagai hal seperti aktivitasnya, dll. Biasanya, ibu hamil pada saat kaki mengalami pembengkakan cukup dengan mengoleskan minyak dan memijit perlahan – lahan. Malahan ada juga yang memanfaatkan pijat refleksi untuk meminimalkan pembengkakan. Menurut saya pribadi, perbanyak makan makanan yang mengandung protein tinggi dan menghindari campuran garam terlalu banyak. Mengapa garam ? Karena garam itu menarik cairan ke dalam sel sehingga sel menjadi  bengkak akibatnya terjadi pembengkakan pada tubuh dan peningkatan tekanan darah juga.