Segar dan cantik dengan mandi buah

0

Segar dan cantik dengan mandi buahTak hanya nikmat, mandi buah ternyata efektif mengatasi kulit bersisik, menyegarkan serta meremajakan kulit lho

Setelah seminggu penuh beraktivitas, umumnya tubuh terasa letih, bahkan mungkin tegang. Ini berarti tubuh perlu ” dimanjakan ” dengan tujuan relaksasi. Salah satu cara adalah dengan mandi buah. Pernah dengar mandi buah ? Mandi buah adalah ritual mandi dengan menggunakan buahbuah yang segar. Mandi buah ini biasanya disediakan di beberapa salon kecantikan, tetapi bisa juga kok dilakukan sendiri di rumah.

Kita mengenal berbagai macam buah dengan ” khasiat ” tertentu. Berikut ini adalah buah – buahan yang bisa kita gunakan untuk mandi. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kulit anda.

1. Wortel

Wortel mengandung beta karoten ( provitamin A ) yang berkhasiat menjaga kesehatan kulit dan mencerahkan kulit kusam. Wortel juga dapat memberi rasa nyaman pada kulit yang sering terkena sengatan sinar matahari.

2. Avokad

Avokad mengandung vitamin A, D dan asam amino yang berkhasiat melembabkan kulit kering serta merawat kulit yang menua atau mulai berkerut.

3. Apel

Apel kaya akan vitamin A, B1 dan C. Berguna meningkatkan pertumbuhan sel – sel kulit baru ( regenerasi sel ) dan mempertahankan elastisitasnya.

Nah, setelah memilih mana buah yang cocok dengan kondisi dan kebutuhan kulit, bersiaplah menikmati mandi yang segar dengan menggunakan buah – buahan tropis ini. Yuk, simak langkah – langkahnya :

1. Gosok tubuh dengan menggunakan krim body scrub untuk membuang dan mengangkat kotoran yang menempel pada kulit kita ataupun sel – sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak kusam. Lalu bersihkan tubuh dengan mandi menggunakan shower gel. Gunakan scrub dan shower gel yang mengandung buah – buahan sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Uapi tubuh selama 15 menit dengan uap air panas yang ditetesi minyak esensial. Tujuannya agar pori – pori kulit terbuka sehingga mampu menyerap mineral dan vitamin yang terkandung dalam buah secara maksimal.

3. Olesi tubuh dengan masker buah, bisa berupa masker instant atau masker buah segar yang telah ditetesi minyak esensial. Diamkan selama 20 menit agar efek menyegarkan dari buah benar – benar dirasakan oleh tubuh kita.

4. Berendam di dalam air yang ditetesi minyak esensial selama 15 menit, lalu bilas tubuh sampai bersih.

5. Bubuhkan pelembab tubuh untuk mempertahankan kelembaban kulit dan membuatnya lembut dan wangi.

Mudah kan ? Bisa dicoba lho di rumah tanpa perlu ke salon kecantikan. Oh ya, selain buah diatas ada buah – buahan lain yang bisa digunakan sebagai campuran :

* Untuk mengencangkan kulit : masing – masing 2 kilogram pepaya dan labu, kupas dan iris tipis. Masukkan dalam blender dan haluskan bersama 250 ml air.

* Untuk mengatasi kulit yang sangat kering : 2 kilogram avokad dan 8 – 10 buah pisang raja, kupas dan iris tipis. Masukkan dalam blender dan haluskan bersama 250 ml air.

* Untuk meremajakan kulit : masing – masing 2 kilogram apel dan lemon, kupas dan iris tipis ( untuk lemon, buang bijinya terlebih dahulu ). Masukkan dalam blender dan haluskan bersama 250 ml air.

Selamat mencoba  Segar dan cantik dengan mandi buah