Perhatikan Hal Berikut Saat Akan Sewa Rumah di Perkotaan

0

Perhatikan Hal Berikut Saat Akan Sewa Rumah di PerkotaanMenyewa rumah merupakan suatu pilihan bijaksana saat Anda memutuskan untuk tinggal sementara di sebuah kota atau belum punya cukup dana untuk membangun hunian impian Anda sendiri. Sewa rumah bisa jadi keputusan besar, karena meski terlihat sederhana, ada banyak hal yang perlu Anda pelajari dan pertimbangkan sebelum benar-benar menyewa rumah ideal khususnya di perkotaan.

Ketika Anda telah mendapatkan lokasi rumah yang cocok dan berniat menyewanya, ternyata ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum benar-benar memutuskan menyewa rumah tersebut. Apa saja hal itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Kondisi bangunan

Pertama Anda harus memperhatikan bangunan serta konstruksi dari rumah yang akan Anda sewa. Perhatikan dengan teliti, apakah ada atap yang bocor, tembok yang retak, jendela yang tidak berfungsi hingga bagian-bagian kecil lainnya dari rumah tersebut. Jangan sampai Anda keliru memilih rumah yang bermasalah atau rusak. Apalagi jika kemudian Anda disalahkan atas kerusakan properti yang ada setelah menyewa.

Jika ditemukan kerusakan, jangan segan memberitahu pemilik rumah dan minta perbaikan atas properti tersebut sebelum memutuskan menyewanya. Catat semua detail kekurangan rumah untuk membandingkannya dengan kandidat rumah lain.

2. Kenyamanan lingkungan

Selanjutnya yang perlu menjadi pertimbangan adalah lingkungan rumah yang akan Anda sewa. Ini sangat penting bagi kenyamanan Anda dan keluarga nantinya. Karena itu, jangan terlalu terburu-buru saat melakukan survey.

Misalnya Anda ingin sewa rumah Jakarta dan telah menemukan beberapa komplek perumahan yang menurut Anda cocok. Cobalah berjalan-jalan ke sekitar untuk sekedar mengamati lingkungan dan berkomunikasi dengan beberapa warga disana. Perhatikan kondisi penerangan jalan, kondisi fisik jalan sekitar perumahan dan sebagainya.

3. Sistem keamanan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan sebelum menyewa rumah adalah keamanannya. Ketika Anda melakukan survey ke lingkungan sekitar, Anda juga dapat sembari menanyakan sistem keamanan yang berlaku di lingkungan tersebut atau hal-hal lain yang terkait isu keamanan.

4. Lokasi strategis

Lokasi rumah juga perlu Anda pertimbangkan. Bagaimana kemudahan akses yang akan Anda rasakan ketika memutuskan menyewanya. Sebaiknya pilih rumah yang tidak terlalu jauh dari fasilitas umum seperti pasar, rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah dan sebagainya. Lokasi rumah yang tepat turut menentukan kenyamanan dan memudahkan Anda melakukan segala aktivitas.

5. Buat perjanjian sewa

Perjanjian sewa juga tidak boleh diabaikan. Perjanjian ini bisa berisi berapa besar harga rumah disewakan yang disepakati, fasilitas apa yang bisa dan tidak bisa didapatkan, jangka waktu sewa, pembayaran jika terjadi kerusakan dan lain sebagainya. Perjanjian ini sangat penting sebagai dasar agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Demikian beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat memutuskan sewa rumah di perkotaan. Semoga membantu Anda menemukan rumah ideal yang Anda inginkan.