Pakai Putih ? Siapa Takut ?

0

Pakai Putih ? Siapa Takut ?Pakaian berwarna putih selalu tepat digunakan dalam berbagai kesempatan, baik formal maupun non formal, tergantung pada model pakaian yang dikenakan. Tetapi pada dasarnya warna putih jika diberi sentuhan aksesori yang pas, penampilan pun akan menjadi lebih gaya dan enak dipandang. Hanya saja, kebanyakan orang malas menggunakan pakaian berwarna putih karena rentan terhadap noda dan takutnya noda ini juga tidak mudah hilang.

Tetapi sekarang anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak bahan di sekitar dapur anda yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda pada baju berwarna putih. Bahan – bahan ini bisa untuk menghilangkan noda bandel seperti bekas lipstik, darah, minyak, tinta bahkan sirup berwarna.

1.  Goresan Tinta

Untuk menghilangkan bekas goresan tinta pada bahan polyester atau katun dapat menggunakan alkohol. Cukup oles dan semprotkan alkohol langsung pada bahan polyester yang terkena noda tinta, kemudian tepuk dengan kain kering. Setelah itu cucilah seperti biasa.

2. Terkena Darah

Mungkin anda mengalami luka hingga berdarah, atau pada saat menstruasi dan menembus atau mengotori baju putih anda. Coba gunakan larutan hidrogen peroksida tiga persen untuk menghilangkan noda darah yang sudah mengering.

3. Bekas Lipstik

Jika lipstik tak sengaja mengotori pakaian putih anda, jangan khawatir, coba celupkan lap pada cairan alkohol lalu basahi area yang terkena noda lipstik. Gosok hingga warnanya pudar, baru bilas dan cuci seperti biasa.

4. Cipratan Minyak

Saat pakaian berbahan kaus atau wol terkena noda berminyak, segera bubuhi dengan bedak dan diamkan sekitar tiga puluh menit. Kemudian sikat dan oleskan larutan penghilang noda (stain remover), baru cuci pakaian dalam suhu yang disesuaikan dengan kebutuhan bahan.

5. Noda Maskara

Jika tidak sengaja maskara mengenai pakaian putih anda, jangan putus asa dulu. Campurkan satu sendok makan sabun pencuci piring dengan dua sendok makan hidrogen peroksida, lalu gosok noda dengan campuran tersebut. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas seperti biasa. Hidrogen peroksida lebih efektif dibanding pemutih klorin dan bisa didapatkan di apotek.

6. Bercak Keringat

Noda bekas keringat yang biasanya terdapat pada daerah kerah, ketiak dan punggung kadang memang tidak dapat dielakkan. Sehingga pakaian putih pun mengalami perubahan warna. Ternyata noda tersebut dapat dihilangkan dengan bumbu pengempuk daging. Caranya, percikkan sedikit air hingga lokasi noda terasa cukup lembab, lalu beri sedikit pelunak daging dan cuci seperti biasa. Selain itu juga bisa menggunakan dua butir aspirin yang dilarutkan dalam setengah cangkir air hangat, kemudian rendam bagian yang terkena noda selama dua hingga tiga jam, lalu bilas dan cuci seperti biasa. Bisa juga menggunakan campuran lemon dan air dalam komposisi yang setara. Kuncinya selalu bilas pakaian yang terkena noda dengan air dingin karena noda menguning akan menjadi permanen jika dibilas dengan air panas.

Semoga bermanfaat  !