Menjadi Ayah Baru ? Wow..Surprise !

0

Menjadi Ayah Baru ? Wow..Surprise !Menjadi orangtua baru bagi pasangan suami istri merupakan hal yang luar biasa. Perasaan haru, bahagia, takut, bersyukur, dll  bercampur menjadi satu. Bagi ibu – ibu muda, sebagian besar sudah bisa menguasai perasaannya karena banyak membaca buku atau bertanya kepada orang lain atau bahkan ibu sendiri. Tetapi bagaimana perasaan seorang ayah yang masih baru ? Serba salah ? Serba takut ? Atau bahkan berusaha menghindar ?

Menarik kan ?  :)  Simak yuk, kejutan yang sering dirasakan menjadi ayah baru.

1. Perasaan campur aduk

Campur aduk atau tidak karuan adalah perasaan yang sering terjadi ketika melihat kali pertama buah hatinya. Kemarin eforia, hari ini mati rasa ? Duh, sayangkah saya padanya ? Tenang, perasaan ini wajar saja. Si kecil adalah seseorang yang tiba – tiba hadir dalam hidup anda sehingga timbul perasaan campur aduk. Tetapi perasaan ini lambat laun akan terganti dengan perasaan sayang luar biasa setelah anda semakin mengenalnya.

2. Depresi

Depresi pasca persalinan bukan milik bunda saja. Para ayah juga dapat dilanda perasaan ini. Penyebabnya bukan karena hormon tetapi lebih kepada kenyataan hidup : biaya persalinan, biaya hidup yang bertambah, tidur yang terganggu, tak ada yang memerhatikan karena semua perhatian orang tumpah kepada si kecil.

3. Takut

Takut karena tidak tahu apa yang harus dilakukan bersama anak, takut tidak dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Perasaan ini normal saja. Kelak rasa takut itu akan terkikis seiring kemampuan anda menjadi seorang ayah.

4. Mana responnya ?

Si kecil kok diam saja. Tidak tersenyum, tidak tertawa, tidak ada respon. Yang dia lakukan hanya menangis. Sampai 8 minggu pertama, bayi belum menunjukkan emosi lain kecuali menangis. Jadi jangan ikut – ikut dengan berhenti memberikan perhatian. Tunggu saja, kelak senyum yang anda tunggu akan tersungging di bibir mungilnya :)

Nah, untuk para ayah tepatnya calon ayah jangan berkecil hati. Semua akan berganti menjadi indah pada waktunya. Anda hanya perlu beradaptasi terhadap sesuatu yang baru ini. Nikmati dan rasakan betapa menyenangkan menjadi seorang ayah baru.