Menenangkan Kulit Terbakar Matahari

0

Menenangkan Kulit Terbakar MatahariKulit yang terbakar matahari akan berubah warna menjadi merah dan terasa panas. Jika dibiarkan, efek buruknya kulit kita akan meradang. Mengoleskan sunblock atau sunscreen memang mutlak diperlukan apabila kulit kita sering terpapar matahari. Tetapi apabila terlanjur terjadi kulit kita terbakar matahari, sebaiknya segera atasi menggunakan bahan – bahan alami berikut ini  :

1. Aloe Vera

Gunakan aloe vera atau lidah buaya ini dengan cara dikompreskan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Aloe vera dipercaya dapat menimbulkan efek dingin yang akan menetralkan kulit kita. Caranya : siapkan aloe vera atau lidah buaya berukuran sedang, kupas kulitnya dan ambil gel berwarna bening di bagian dalamnya. Tempelkan gel bening tersebut pada area kulit yang terbakar sinar matahari. Biarkan selama beberapa saat atau sekitar 30 menit hingga kulit terasa dingin dan normal kembali. Anda dapat menyimpan gel tersebut di lemari es untuk dipergunakan kembali apabila masalah kulit terbakar matahari kembali terjadi.

2. Teh Celup

Teh apapun baik teh hijau atau teh hitam dikenal memiliki anti oksidan yang disebut polifenol yang mampu mengusir radikal bebas dan menenangkan kulit. Gunakan teh ini apabila kulit anda terbakar matahari. Caranya : seduh 4 hingga 6 kantong teh celup ke dalam teko yang berisi air panas. Setelah itu simpan dalam lemari es. Selanjutnya rendam handuk kecil bersih dalam teh, peras dan tempelkan handuk tersebut pada kulit yang terbakar matahari. Biarkan selama 30 menit. Celupkan handuk lagi ke dalam teh bila sudah tidak terasa dingin.

3. Baking Soda

Baking soda tidak hanya dapat digunakan untuk menyerap bau, tetapi juga bermanfaat untuk menenangkan kulit yang terpapar sinar matahari. Baking soda bersifat antiseptik, antifungi serta mampu mengelupas sel – sel kulit mati secara lembut sekaligus menenangkan kulit. Caranya : siapkan 4 sendok makan baking soda ( bukan baking powder ) dalam sebuah mangkuk. Tambahkan satu gelas air dingin. Celupkan kain bersih atau bola kapas ke dalam campuran air dingin dan baking soda tersebut. Kemudian tempelkan atau kompreskan kain atau bola kapas tersebut pada area kulit yang terbakar sinar matahari.

4. Vitamin E

Manfaat vitamin E untuk menjaga kecantikan kulit tentu sudah banyak diketahui. Termasuk untuk membantu menenangkan kulit yang terpapar sinar matahari. Caranya : ambil vitamin E alami, bukan sintetis. Vitamin E biasanya berupa kapsul gel. Gunting sedikit ujungnya, kemudian oleskan isinya pada area tubuh yang terbakar sinar matahari untuk membantu menenangkan kulit. Vitamin E juga dapat diminum dalam bentuk kapsul gel.