Membutuhkan Tempat Usaha? Membeli atau Menyewa Ruko Bisa Jadi Solusinya!

0

Membutuhkan Tempat Usaha? Membeli atau Menyewa Ruko Bisa Jadi Solusinya!Salah satu solusi tempat usaha yang praktis tanpa harus membangunnya sendiri adalah dengan membeli atau menyewa sebuah ruko. Ya, ruko atau rumah toko merupakan kategori properti komersial yang saat ini cukup diminati sebagai tempat menjalankan bisnis. Hal ini disebabkan penggunaan ruko yang fleksibel, sehingga cocok untuk berbagai usaha baik perkantoran, toko, restoran, warnet, perbankan hingga minimarket.

Selain itu memilih ruko juga membuat Anda tidak perlu memusingkan pembangunan tempat usaha. Sehingga Anda dapat langsung menjalankan bisnis dengan menambahkan beberapa peralatan dan perlengkapan yang diperlukan saja.

Meskipun begitu, ternyata ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan membeli atau menyewa ruko. Tujuannya tentu saja agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Nah, hal-hal apa yang perlu dipertimbangkan ini?

1. Lokasi ruko                                                    

Pertimbangkan lokasi ruko yang akan Anda beli atau sewa. Lokasi ini sangat penting karena turut menentukan nilai investasinya. Hal ini pula yang menyebabkan kegiatan jual ruko menjadi lebih mudah. Selain itu, ruko yang berada di lokasi ramai dan strategis sangat menguntungkan saat digunakan menjalankan usaha. Apapun jenis usahanya, lokasi yang strategis mampu menarik perhatian sehingga usaha Anda pun banyak dikunjungi orang.

2. Kemudahan akses

Selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan kemudahan akses di sekitar ruko. Apakah ruko bisa diakses menggunakan kendaraan umum, apakah fasilitas jalan memadai untuk dilewati segala jenis kendaraan dan sebagainya. Kemudian jika ruko berlokasi di kompleks perumahan, perhatikan juga potensi pengunjung dari daerah sekitar terhadap bisnis yang akan Anda jalankan nantinya.

3. Lingkungan yang aman

Saat Anda menjalankan usaha, lokasi usaha yang aman akan mendukung jalannya bisnis yang tenang dan nyaman pula. Jadi, sebelum memutuskan membeli atau menyewa ruko ada baiknya Anda mencari informasi tentang keamanan di sekitar ruko dengan bertanya pada warga sekitar atau orang yang biasa berada di sekitar ruko tersebut.

Keamanan dalam hal ini bukan hanya tentang tindak kriminal seperti pencurian, perampokan dan sebagainya. Namun juga mengenai bahaya kebakaran, gempa atau banjir.

4. Fungsi ruko

Pertimbangkan apa tujuan usaha Anda. Misal, ruko tersebut akan Anda beli atau sewa untuk restoran. Perhatikan apakah ada restoran sejenis di sekitar lokasi yang dapat mempengaruhi bisnis Anda. Perhatikan juga target pasar. Jika Anda ingin membuka usaha makanan yang menyasar kantong mahasiswa, sebaiknya pilih lokasi ruko yang dekat dengan kos-kosan mahasiswa atau kampus dan sekolah. Jika usaha Anda ditujukan untuk karyawan, pilih lokasi yang dekat dengan perkantoran.

5. Harga ruko

Hal penting lainnya yang dapat Anda pertimbangkan adalah mengenai harga beli atau harga sewa yang ditawarkan penjual. Jika Anda berniat membelinya, pertimbangkan apakah harga tersebut rasional atau tidak untuk ruko sekelas itu. Ruko dijual dengan harga yang tidak selalu pasti. Selalu ada harga yang bisa dinegosiasikan. Cobalah untuk melakukan negosiasi terlebih dahulu agar mendapat potongan harga lebih murah.

Jika Anda memutuskan menyewa, perhatikan juga tarif sewanya. Normalnya, tarif sewa ruko senilai 8% dari harga jual. Sesuaikan harga yang ada dengan budget usaha Anda. Jangan sampai harga ruko mempengaruhi keadaan keuangan sehingga bisnis tidak bisa berjalan sesuai harapan.

Demikian beberapa tips sebelum membeli atau menyewa ruko, sangat penting bagi Anda untuk memikirkan strategi dan cara agar pendapatan Anda selalu bisa menutupi biaya sewa dan perawatan propertinya.