Kok masih ngedot ?

0

Kok masih ngedot ?Kebiasaan anak ngedot mungkin lumrah untuk anak usia dibawah dua tahun. Tetapi jika anak sudah berumur tiga tahun keatas, dan kebiasaan minum susu dari botol ini dibiarkan maka akan terciptalah ketergantungan yang pastinya susah untuk dihilangkan. Anak saya satu – satunya yang berumur 3,5 tahun hingga saat ini susah sekali untuk minum susu dari gelas. Jadi saya mengajarkannya secara bertahap. Pada awalnya dia boleh minum susu dari botol hanya saat tidur malam, sedangkan siang hari harus menggunakan gelas. Kenapa bertahap ? Karena jika kita melakukannya secara langsung dengan menyembunyikan botol – botol susunya agar dia minum melalui gelas saja, bisa berdampak dengan aksi pemogokan yang tentunya merugikan karena dia akan mogok minum susu. Sering saya bertanya bagaimana agar anak balita saya ini bisa lepas dari botol susu dan beralih ke gelas, karena takutnya akan menjadi kebiasaan ngedot sampai gedhe..ngeri dong Kok masih ngedot ? Ternyata semua tergantung dari orangtua, dari ketegasan dan ketegaan, tentunya demi kebaikan anak kita sendiri.

Berikut info dari berbagai sumber yang berguna bagi anda jika memiliki anak balita yang masih ngedot.

1. Meski sulit, tetaplah tegas untuk mengajarkan anak anda minum susu dari gelas. Ajarkan secara bertahap, misalnya gunakan sendok dulu untuk menyuapi si kecil, jika menggunakan gelas dia masih kesulitan, atau bisa juga menggunakan sedotan.

2. Terus menerus berikan pengertian kepada si kecil bahwa minum susu dari botol akan membuat gigi rusak, dsb. Berikan pengertian yang masuk akal dan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami.

3. Berikan award atau hadiah berupa pujian, pelukan sayang, ciuman hangat jika si kecil berhasil minum dari gelas. Pujian dengan penuh kasih sayang ini akan membangkitkan semangat dan lebih mengena di hati si kecil.

4. Tidak perlu marah. Lakukan dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Jika masih belum bisa, ulangi lagi di lain waktu sampai berhasil. Kemarahan akan membuat sakit hati si kecil, karena anak kecil toh tidak tahu juga kenapa dia dimarahi. Jadi lebih baik ajarkan dengan bertahap dan penuh kesabaran.

Semoga bermanfaat Kok masih ngedot ?

Sumber gambar :  www.greenparenthood.com