Kepala pusing sebelah..Awas Migrain!

0

Kepala pusing sebelah..Awas Migrain!Migrain berasal dari bahasa Yunani, hemikrania, yang artinya “separo kepala”. Sesuai asal katanya, migrain merupakan sakit kepala yang kerap muncul di satu sisi kepala, kadang di sebelah kanan, kadang di sebelah kiri. Yang dikeluhkan biasanya kepala pusing sebelah, kadang disertai dengan mual atau muntah atau juga sensitif terhadap suara dan cahaya. Gangguan ini diperkirakan 60 % dialami oleh wanita, biasanya terjadi sebelum atau selama menstruasi. Lama serangan bervariasi, yaitu antara beberapa jam hingga 72 jam.

Faktor pencetus migrain

* Makanan terutama coklat, keju, alkohol, MSG, pisang, makanan diawetkan

* Terlambat makan

* Ketegangan atau kecemasan

* Kelelahan, kurang tidur

* Perubahan hormonal, misalnya : menstruasi, kehamilan, menopause, pemakaian pil KB

* Merokok

Dengan menghindari faktor pencetus migrain ini diharapkan dapat menghindari datangnya migrain yang tiba-tiba. Karena dampak ini cukup besar apabila terjadi pada saat kita beraktifitas dan memerlukan konsentrasi tinggi.

Pengobatan migrain

Pengobatan migrain untuk kasus yang ringan dapat dilakukan di rumah yaitu dengan cara pemberian kompres es pada daerah yang nyeri, beristirahat di ruangan yang tenang dan gelap atau tidur berkualitas dalam waktu tertentu.

Selain itu obat-obatan alami pun banyak yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi migrain, seperti rimpang jahe, rimpang bangle, pegagan, dan daun ginkgo. Untuk rimpang jahe, caranya ambil serbuk rimpang yang telah dikeringkan, dicampurkan air hangat dan diminum sehari 3 kali.

Khusus untuk penderita migrain karena menstruasi dianjurkan mengurangi garam dan olahraga teratur.