Kenali tanda-tanda orang berdusta

0

Kenali tanda tanda orang berdustaMengamati ekspresi wajah untuk mengenali apakah seseorang itu berdusta atau tidak, dapat menghindarkan kita dari menjadi korban penipuan. Di samping itu, hal ini bisa kita lakukan untuk mengetahui apakah orang tersebut tulus kepada kita ataukah sebaliknya. Polisi pun melakukan hal yang sama, mereka bahkan sudah terlatih untuk menguasai teknik – teknik mengenali tanda – tanda orang berdusta. Tertarik untuk mengetahui langkah – langkahnya ? Yuk, kita simak berikut ini :

1. Amati senyum

Bedakan antara senyum tulus atau dipaksakan. Senyum yang dipaksakan mudah dikenali karena hanya menggunakan otot di sekitar mulut. Orang tersebut mungkin tampak terlalu rileks dan tidak benar-benar senang. Amati mulutnya dan lihat apakah giginya kelihatan. Senyum tulus akan menampakkan sedikit gigi, sedangkan senyum yang dipaksakan tidak. ( kecuali orang tersebut memiliki gigi yang lebih menonjol meskipun sedang tersenyum atau tidak..hehe )

2. Perhatikan tangan, lengan dan kaki

Ketika orang berdusta, pada umumnya gerakan tangan dan lengan cenderung sedikit dan kaku. Tangan kemungkinan akan menyentuh atau menggaruk wajah, hidung, atau belakang telinga.

3. Perhatikan keringat

Orang yang sedang berdusta cenderung berkeringat berlebihan ketika dia berdusta.

4. Perhatikan apakah dia bicara terlalu banyak

Orang yang sedang berdusta, pada umumnya berbicara dengan terlalu banyak detail untuk memberi petunjuk, tujuannya membuat anda yakin dan percaya kepadanya. Misalnya : ” Ibu saya tinggal di Perancis. Negara yang indah, bukan ? Apakah anda suka Menara Eiffel ? Di sana benar – benar bersih lho. “

5. Perhatikan gerakan mata

Seseorang yang berdusta pasti canggung untuk membuat kontak mata dengan lawan bicaranya dibanding orang yang tidak berdusta. Mereka bahkan sering mengedipkan mata. Orang yang bertangan kanan akan cenderung melihat ke kiri untuk mengingat sesuatu yang benar – benar terjadi dan ke kanan saat mereka mengarang atau mereka – reka.

6. Perhatikan reaksi atas pertanyaan – pertanyaan anda

Seseorang yang sedang berdusta sering merasa tidak nyaman dan memalingkan kepala atau badannya, atau bahkan secara tidak sadar meletakkan sesuatu benda diantara anda berdua. Jika orang yang tidak bersalah akan menjadi ofensif sebaliknya orang yang merasa bersalah umumnya akan langsung menjadi defensif. ( Mungkin bahasa kerennya adalah salting atau salah tingkah )

7. Mengubah subyek secara cepat

Pada saat kita mengubah subyek pertanyaan yang terkesan mengancam mereka, orang yang berdusta akan terlihat lega, tenang dan menyambut perubahan. Anda mungkin akan melihat orang tersebut jadi lebih rileks dan kurang defensif. Berbeda dengan orang yang tidak berdusta, mereka akan bingung dengan perubahan mendadak dalam percakapan dan kemungkinan mereka akan mencoba mengulang kembali pokok bahasan sebelumnya.

Meskipun langkah – langkah tersebut diatas tidak mutlak untuk menunjukkan orang berdusta atau tidak, tetapi cukup membantu kita untuk sedikitnya mengenali tanda – tanda orang berdusta terutama mewaspadainya.