Hati – Hati Workaholic !

0

Hati   Hati Workaholic !Anda workaholic ? Jika anda memang memiliki waktu bekerja yang sangat menyita sehingga waktu untuk diri sendiri, keluarga dan bersosialisasi hampir tidak ada, anda bisa disebut juga si workaholic. Kebanyakan para wanita bekerja termasuk dalam golongan workaholic dan memiliki resiko serangan berbagai penyakit. Sayangnya, karena kesibukannya mereka cenderung tidak memperhatikan kondisi kesehatan.

Lantas apa saja gangguan atau penyakit yang berpotensi mengancam para wanita bekerja ini ? Berikut beberapa diantaranya  :

1. Obesitas

Penyebab terjadinya obesitas adalah sulitnya memilih menu yang sehat selama bekerja dan kurang atau tidak berolahraga. Anda bisa kok memperbaikinya dengan lebih banyak menyantap buah – buahan dan sayuran. Bila ingin menyantap daging, pilihlah bagian yang tidak berlemak dan singkirkan kulitnya.

2. Nyeri otot dan tulang

Keluhan nyeri otot bagian punggung bawah (low back pain) dan nyeri leher (neck pain) merupakan keluhan yang sering dirasakan wanita yang sering bekerja dalam posisi duduk serta menggunakan komputer.

3. Depresi

Jangan meremehkan penyakit ini. Depresi merupakan ancaman bagi mereka yang bekerja terus menerus dibawah tekanan dari atasan, stres, target tinggi, kurang tidur, kurang istirahat, kurang waktu untuk diri sendiri dan terutama takut kehilangan pekerjaan.

4. Insomnia

Insomnia adalah penyakit yang sering dikeluhkan wanita bekerja. Terutama bagi mereka yang sering lembur malam dan bekerja dalam shift. Waktu istirahat yang tidak menentu dapat menimbulkan stres dan berdampak insomnia bagi pelakunya.

5. Gangguan menstruasi

Gangguan akan siklus menstruasi yang tidak teratur juga sering dikeluhkan mereka yang bekerja dibawah stres dan kurangnya waktu untuk istirahat. Sebenarnya beberapa gerakan yoga bisa mengatasi keluhan ini, tetapi sebaiknya apabila gangguan kerap terjadi setiap kali anda datang bulan, segera cek kondisi anda ke ahli medis untuk mendeteksi adanya kemungkinan penyakit lain.

6. Diabetes dan Hipertensi

Dua penyakit ini timbul karena adanya perubahan pola hidup, memakan makanan tinggi lemak, kurangnya konsumsi sayuran, buah dan makanan sehat lainnya. Termasuk kurang berolahraga dan tekanan pekerjaan yang tinggi.

Penyakit dan gangguan diatas bagai lingkaran tak berujung. Tetapi semua itu akan bisa dihindari asalkan anda selalu menjalankan gaya hidup sehat.

Workaholic ? its ok…but stay healthy !