Hamil Kok Jadi Pemarah ?

2

Hamil Kok Jadi Pemarah ?Kehamilan membawa perubahan emosi atau mood pada wanita. Perubahan ini bisa disebabkan oleh perubahan fisik – menjadi cepat lelah -, perubahan metabolisme dan pengaruh hormon estrogen dan progesteron. Seringkali kita melihat wanita hamil menjadi mudah marah, emosi tidak stabil, atau mudah sedih. Marah – marah terus selama masa kehamilan tentu saja amat melelahkan. Jantung berdebar – debar, napas pendek – pendek dan tubuh pun menjadi tegang.

Bagaimana sih mengatur emosi agar tidak menjadi pemarah saat hamil ?

1. Terbuka

Bicarakan saja hal – hal yang mengganggu di hati atau pikiran. Dengan membicarakannya kepada orang lain, maka hati menjadi lebih tenang. Yang paling penting harus terbuka kepada pasangan, bahwa kehamilan benar – benar mengganggu emosi dan mood, sehingga pasangan akan lebih sabar dan memahami kondisi anda yang sedang hamil.

2. Relaksasi

Seringlah ikut kegiatan yang bisa menenangkan diri, seperti yoga ibu hamil, senam hamil, meditasi, dll. Terapi musik juga bisa menjadi alternatif untuk relaksasi. Alihkan rasa kesal anda dengan mendengarkan musik untuk mendorong mood menjadi lebih baik.

3. Lakukan hobby anda

Lakukan kegiatan yang menyenangkan hati. Habiskan waktu bersama teman – teman anda, atau perawatan dengan spa. Bisa juga membuat kue atau membaca buku sesuai dengan hobby anda. Setelah melakukan semua itu, pasti mood anda menjadi lebih baik lagi.

4. Cukup istirahat

Istirahat yang cukup akan membuat anda lebih berenergi. Usahakan memiliki tidur malam yang berkualitas, karena tidur yang terganggu akan membuat anda menjadi lelah dan stres yang berdampak pada emosi anda juga. Agar mendapatkan tidur malam yang berkualitas, hindari makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi atau minuman berkafein, misalnya kopi dan soft drink.

Bila sudah melakukan berbagai terapi tetapi tetap saja mood anda tidak bisa diperbaiki, anda menjadi pemarah, stres dan frustasi, ada baiknya menghubungi dokter atau psikiater untuk membantu anda menangani emosi berlebihan selama kehamilan  :)

Semoga membantu.