Gigi terawat = senyum cemerlang si kecil

0

Gigi terawat = senyum cemerlang si kecilGigi yang terawat adalah jaminan senyum cemerlang si kecil.

Menginjak usia 2 tahun, gigi susu balita anda mulai lengkap, ditandai dengan tumbuhnya gigi geraham susu kedua. Sayang sekali, mengiringi pertumbuhan gigi geraham ini, biasanya timbul rasa tidak nyaman sehingga si kecil enggan makan bahkan bisa membuat anak demam. Bertambahnya jumlah gigi, bertambah pula gangguan yang menyertai, seperti gigi keropos atau berlubang. Beberapa kebiasaan buruk si kecil ternyata bisa jadi penyebabnya. Yukk bantu si kecil agar kelak punya deretan gigi yang kuat dan sehat.

Mengemut makanan

Kebiasaan yang sering dilakukan si kecil adalah mengemut makanan. Membiarkan dia mengemut makanan padahal makanan tersebut telah selesai dikunyah, sama saja dengan kita memberi makan bakteri dalam mulutnya. Akibatnya bakteri akan berfermentasi dan menghasilkan asam yang merusak gigi. Bantu dengan : melatih anak makan makanan padat, jangan tunda memberikan si kecil makanan padat hanya karena tidak ingin dia makan lebih lambat, biasakan anak makan di meja makan sehingga perhatian dia akan terfokus kepada makanan bukan kepada hal yang lain yang dapat membuat dia mengemut makanan.

Susu sebelum tidur

Tiduran sambil mengisap susu dari botol memang nyaman dan membuat si kecil mudah tertidur. Tapi ada bahaya yang mengintai ! Selama anak terlelap ada kuman yang bangun, susu yang tak tertelan akan menempel di sela – sela gigi dan menjadi tempat bersarangnya kuman. Bantu dengan : mengganti susu di botol dengan air putih, bukan minuman – minuman manis lainnya, mengubah rutinitas nge dot sebelum tidur dengan kegiatan lain seperti membacakan dongeng atau menyanyikan sebuah lagu sampai dia tertidur.

Gemar makanan manis

Permen, coklat, cake, cemilan manis lainnya memang masuk dalam daftar makanan si kecil. Sayangnya makanan manis ini biasanya lengket sehingga melekat lama di gigi. Akibatnya terbentuk asam pembusuk yang bisa merusak gigi. Bantu dengan :  ganti cemilan anak anda dengan kudapan yang sama manisnya seperti kismis, jeruk, apel, pear, semangka, melon. Selain itu biasakan berkumur setelah mengonsumsi makanan manis.

Tidak mau gosok gigi

Mengajak si kecil menyikat gigi memang bukan hal yang mudah. Kadang – kadang mengajaknya menggosok gigi ibarat mengajaknya perang. Karena si kecil selalu punya seribu satu alasan untuk menolak sikat gigi. Bantu dengan : sediakan sikat gigi yang lucu dengan tokoh kartun kesukaannya dan pasta gigi rasa buah agar dia lebih semangat untuk menggosok giginya, selalu ciptakan suasana gosok gigi yang menyenangkan misalnya mengajak dia menyanyikan sebuah lagu kesukaan, bisa juga menempelkan gambar gigi busuk di cermin wastafel tempat anak biasa gosok gigi dan tunjukkan jika malas menggosok gigi akan memiliki gigi busuk seperti itu.

Nah, tips – tips seperti diatas bisa diterapkan untuk membantu merawat gigi si kecil sejak usia dini. Karena gigi terawat = senyum cemerlang si kecil.

Semoga membantu.