Garut ” Kota Domba “

0

Garut  Kota Domba Suka produk – produk dari kulit ? Anda tidak harus belanja ke luar negeri kok, cukup datang saja ke kota Garut !

Yup, kota Garut dikenal sebagai penghasil kerajinan kulit berkualitas tinggi, yaitu kulit domba. Itulah mengapa kota Garut sering disebut juga sebagai Kota Domba. Pusat kerajinan kulit di kota Garut terletak di daerah Sukaregang. Domba Garut ini memang lain dari domba – domba biasanya, karena merupakan hasil perkawinan campuran dari domba lokal dengan domba jenis capstaad dari Afrika Selatan dan domba merino dari Autralia. Hasilnya, domba Garut memiliki penampilan yang gagah dan penuh keberanian, tetapi tetap kalem dan berwibawa. Kebayang ngga ? hehe…dan harganya pun bisa mencapai ratusan juta rupiah lho.

Proses pengolahan kulit domba sampai menjadi kulit siap pakai pun tidak mudah dan melewati proses yang panjang. Para pengrajin kulit di Sukaregang pun ada yang khusus mengolah kulit mentah, ada juga yang khusus membuat kerajinan kulit siap pakai. Menurut pengusaha kulit disana, bahan kulit yang bagus untuk kerajinan adalah kulit domba. Sebab pori – pori kulit domba lebih halus jika dibandingkan dengan kulit sapi. Kulit domba juga lebih lentur, sehingga nyaman digunakan untuk jaket kulit. Karena itu, harga kulit domba lebih mahal daripada kulit sapi.

Ingin tahu lebih banyak tentang kerajinan ini ? Silahkan anda berkunjung ke kota Garut, tepatnya di daerah Sukaregang.