Bersih – Bersih Rumah Yuk !

0

Bersih   Bersih Rumah Yuk !Percayakah anda bahwa di dalam rumah yang kelihatannya bersih dan nyaman itu terdapat banyak racun dan kuman dibandingkan di luar rumah ? Yup, apalagi jika anda memelihara hewan peliharaan yang bisa berkeliaran dengan bebas. Banyak tempat – tempat dalam rumah yang berpotensial menjadi sarang kuman, contohnya kamar tidur, dapur, lemari es, kamar mandi. Dan tahukah anda bahwa dalam waktu sekitar 3 jam, satu kuman dapat menggandakan diri menjadi 1 juta ? Nah, mumpung sekarang liburan, bersih – bersih rumah yuk !

Membersihkan dapur

Sebaiknya jangan gunakan lap yang sama untuk membersihkan alat atau permukaan yang berbeda. Misalnya, lap yang digunakan membersihkan talenan, digunakan juga membersihkan permukaan kompor. Ganti lap piring atau sponge untuk mencuci piring secara teratur karena keduanya merupakan tempat favorit kuman bersarang. Jangan menumpuk piring kotor, segera cuci dan jangan dibiarkan sampai mengering. Lebih baik sesudah piring dicuci, jangan dilap dengan lap kering, biarkan piring mengering dengan sendirinya.

Membersihkan kamar mandi

Spora jamur dan bakteri paling menyukai kondisi lembap atau di tempat yang ada kondensasi dan dapat memicu asma dan eksim. Untuk itu bersihkan lumut dan jamur yang tumbuh di kamar mandi. Selalu tutup pintu kamar mandi untuk mencegah uap lembap mengalir ke bagian lain dari rumah.

Membersihkan ruang keluarga

Secara rutin, bersihkan langit – langit dari sarang laba – laba. Bersihkan debu yang menempel di kap lampu dan vacuum lantai dan segala sesuatu di sekitarnya. Bersihkan jendela bagian luar dan dalam. Buka pintu dan jendela untuk membiarkan udara segar masuk ke dalam rumah. Pergantian udara di rumah kediaman harus terjadi 4 sampai 6 kali dalam 1 jam.

Membersihkan kamar tidur

Kasur, bantal dan sprei merupakan tempat ideal untuk sarang tungau. Bantal sintetik sama rentannya dengan bantal yang berisi bulu. Cuci sarung bantal dan sprei minimal sekali dalam seminggu. Lebih dari 10% bantal terdiri dari sel – sel kulit mati, tungau rumah dan kotorannya. Hindari penggunaan mainan plastik di kamar anak, karena menurut para ilmuwan, mainan plastik akan mengeluarkan semacam gas yang jika menumpuk dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan. Lebih baik pilih mebel dari kayu untuk kamar tidur anak.


Gambar dari : bhousedesain.com