Bermain Dengan Koran Bekas

0

Bermain Dengan Koran BekasAnda punya koran bekas di rumah ? Sebelum mengirim koran bekas itu ke tukang loak ada baiknya anda memanfaatkan koran bekas untuk mengajari anak anda sambil bermain dalam suasana yang gembira. Anak prasekolah membutuhkan keterampilan dasar untuk membangkitkan kreativitasnya. Nah, anda bisa kok memanfaatkan koran bekas itu untuk membantu membangkitkan kreativitas anak anda. Selain banyak gambar, koran juga penuh dengan kata – kata, angka – angka, bisa digunting, di lem dan digambari. Berikut ada beberapa cara untuk belajar dan bermain dengan koran bekas bersama si buah hati.

1. Menghitung Orang

Bantu anak anda memilih foto dari sekelompok orang. Kemudian bersama anda, ajak dia untuk menghitung jumlah orang tersebut dengan suara keras. Ambil kertas polos dan tunjukkan kepada anak anda cara menuliskan angka dari jumlah orang tersebut.

2. Mencari Sesuatu

Bantu anak anda untuk menggunting gambar yang menarik perhatiannya dengan gunting tumpul. Lalu bantu dia untuk menggunting keluar gambar dari benda lainnya, dan lainnya, dan lainnya lagi. Bersama anak anda, tempelkan gambar – gambar tersebut pada sehelai kertas dan tuliskan namanya. Jelaskan pada dia bahwa dia membuat kelompok yang terdiri dari 1 benda.

3. Mengelompokkan

Keluarkan krayon. Tunjukkan gambar suatu benda pada anak anda, lalu minta dia untuk melingkarinya. Sesudah itu bantu dia untuk mencari gambar yang sama atau sejenis, lalu mewarnai pasangan itu. Teruskan cara ini, temukan kelompok yang terdiri dari 3 buah, 4 buah dan seterusnya.

4. Menjiplak Bentuk

Bantu anak anda mengenali berbagai bentuk. Pertama, cari lingkaran dan warnai. Lalu cari dan warnai gambar persegi panjang, segitiga dan bentuk – bentuk lain yang muncul dalam pikiran anda. Selanjutnya anak boleh menggunting dan menempelkan pada kertas polos. Jangan lupa untuk mendiskusikan nama bentuk – bentuk itu dengan anak anda.

5. Menyusun Tingkatan

Bersama – sama cari koran yang mempunyai gambar berbagai benda dengan berbagai ukuran. Bantu anak anda untuk membedakan benda mana yang paling besar dan warnai. Lalu cari benda terbesar kedua dan warnai. Teruskan mewarnai benda – benda yang ukurannya semakin kecil menurut tingkatan.

6. Belajar Melukiskan Perasaan

Bersama anak prasekolah anda, cari gambar – gambar orang yang sedang tertawa atau tersenyum dan gambar – gambar orang yang tampak sedih. Tanyakan kepadanya apa yang dia pikirkan tentang perasaan masing – masing orang itu dan mengapa mereka merasa seperti itu. Terima semua jawaban anak anda, kemudian anda bisa membicarakan apa yang sebenarnya terjadi dalam foto itu berdasarkan usia anak anda.

Sangat mudah bukan ? Kunci utama dalam melatih kreativitas anak prasekolah adalah kesabaran. Lakukan berulang – ulang dengan suasana yang gembira dan menyenangkan. Anda harus paham bahwa anak prasekolah adalah anak dalam masa – masa bermain. Jadikan belajar menyenangkan seperti bermain, dan dampingi terus anak anda hingga dia berkembang dalam kreativitasnya.