8 Tanda Bayi Anda Sedang Sakit

0

8 Tanda Bayi Anda Sedang SakitSelama sembilan bulan masa kehamilan dan saat bayi lahir, anda tentu memiliki hubungan yang sangat dekat. Baik hubungan batin maupun secara fisik. Tetapi sebagai orangtua baru, terkadang tidak tahu tanda – tanda apa yang bisa membuat kita memahami bahwa bayi kita sedang sakit, sehingga kita sering juga terlambat menyadarinya.

Jangan panik bunda ! Berikut 8 tanda bayi anda sedang sakit yang bisa anda amati dan mungkin bisa membantu anda untuk segera membawa bayi anda ke dokter terdekat.

1. Demam

Demam bukanlah penyakit, tetapi merupakan suatu respon bahwa bayi anda sedang mengalami suatu penyakit, dan yang paling umum adalah infeksi. Hubungi dokter jika demam tidak segera reda dan terjadi tanda – tanda seperti ruam, lekas marah, kesulitan bernapas, leher kaku, muntah, atau diare dan tanda – tanda dehidrasi.

2. Dehidrasi

Tanda – tanda dehidrasi : mulut dan gusi kering, popok jarang terlihat basah, menangis tanpa mengeluarkan air mata. Dehidrasi biasanya terjadi saat bayi berada dalam lingkungan yang terlalu hangat atau panas, malas makan, dan mengalami muntah atau diare berkepanjangan.

3. Diare

Diare adalah umum pada bayi. Tetapi jangan abaikan hal ini. Segera hubungi dokter jika diare disertai warna merah darah atau bahkan hitam, diare lebih dari 6 kali dalam sehari, malas minum dan menunjukkan tanda – tanda dehidrasi.

4. Muntah

Memang bayi pada umumnya ” gumoh ” atau mengeluarkan cairan makanan dan susu dari mulutnya. Tetapi jika ini terjadi seringkali, maka anda harus waspada. Muntah mungkin tidak serius jika terjadi sekali atau dua kali dalam sehari, tetapi jika lebih dari itu dan disertai darah atau cairan warna hijau dan tampak dehidrasi, segera hubungi dokter terdekat.

5. Kesulitan bernapas

Contoh tanda – tanda kesulitan bernapas  :  bayi anda bernapas lebih cepat dari biasanya, jaringan diantara tulang rusuk, diatas tulang leher, atau di perut bagian atas terlihat tersedot ketika ia sedang menghirup udara, napasnya berbunyi, bibir bayi atau kulit terlihat kebiruan.

6. Kemerahan atau perdarahan

Jika pusar bayi anda atau alat kelaminnya mengalami kemerahan atau perdarahan, ini adalah tanda – tanda infeksi. Segera hubungi dokter anda.

7. Mengalami ruam

Ruam umum terjadi pada bayi. Tetapi jika ruam disertai dengan demam, perdarahan atau pembengkakan, ini tandanya terjadi infeksi.

8. Pilek

Bayi sangat rentan mengalami infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Biasanya infeksi saluran pernapasan ini terjadi apabila bayi mengalami batuk parah selama lebih dari seminggu, kurang nafsu makan dan kurang mengonsumsi cairan. Jangan abaikan tanda – tanda ini, segera hubungi dokter terdekat.

Sekarang bunda bisa lebih berhati – hati jika bayi mengalami salah satu dari 8 hal diatas.

Semoga membantu ya..